Tips Memilih Les Matematika Anak

Tidak semua anak mampu belajar mandiri, dan beberapa diantaranya membutuhkan waktu ekstra di luar kelas untuk mendapatkan tambahan pelajaran. Dengan adanya tambahan pelajaran, maka anak membutuhkan pendamping lain seperti les.

Orang tua kerap sibuk serta kurang memiliki waktu cukup untuk mendampingi anak belajar. Hal ini dikarenakan orang tua mengurusi segala hal seperti misalnya kehidupan rumah tangga dan beberapa juga pekerjaan.

Namun, sekarang ini sudah banyak layanan jasa yang akan membantu anak dalam membangun pemahaman terkait materinya. Ada dua jenis les yang bisa dipilih para orang tua yakni berkelompok ataupun mandiri.

Jika Anda membuat keputusan untuk mencari kelas tambahan untuk putra maupun putri, ada baiknya sebagai orang tua mengetahui tipsnya. Dengan begitu, Anda tidak akan salah dalam memilih lokasi bimbingan matematika.

Jangan sampai Anda salah pilih untuk kebutuhan anak. Jika salah pilih, tentu akan ada hal fatal yang mungkin saja terjadi. Misalnya saja metode belajar kurang tepat.

Alasan Mengapa Anak Harus Mempelajari Matematika

Banyak siswa mengatakan bahwa matematika merupakan suatu mata pelajaran yang sangat sulit. Sebenarnya apa alasan mengapa semua orang di dunia ini harus mempelajari ilmu matematika sejak berusia anak-anak.

1. Matematika Mengajarkan Anak Berpikir Kritis

Seperti diketahui bahwa soal-soal dalam matematika memiliki hasil yang sebenarnya bisa diprediksi. Tapi, seorang anak harus menentukan langkah tepat dan logis untuk mencapai hasil tersebut.

2. Mengajarkan Keterampilan Kehidupan

Hampir tidak mungkin ada manusia yang berhasil menjalani kehidupan tanpa keterampilan dasar matematika. Bentuk nyata ini adalah ketika Anak-Anak menggunakan uangnya untuk membeli sesuatu, akan ada banyak perhitungan di dalamnya.

3. Mendukung Pendidikan dan Karir Lanjutan

Banyak orang tua tidak menyadari bahwa mengajarkan ilmu matematika kepada anak usia dini berdampak baik dan mendukung karirnya. Hampir seluruh pekerjaan di dunia ini membutuhkan ilmu matematika untuk mengerjakan pekerjaannya.

4. Matematika Membantu Anak Menikmati Musik

Pada dasarnya, musik bersifat sistematis di mana otak mendengar nada, akord, melakukan keseimbangan, dan memahaminya. Agar bisa mencapai ke tahap memahaminya, Anda membutuhkan matematika untuk melatih otak agar bisa memahaminya.

5. Meningkatkan Daya Saing

Seperti diketahui bahwa matematika akan membuat otak berpikir dengan logis sehingga bisa melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi. Dengan begitu, mempelajari matematika juga akan meningkatkan daya saing pada anak.

Perbedaan Kelas Kelompok dan Mandiri dalam Les

Orang tua kerap kali bingung ketika menentukan bimbingan kelas privat atau kelompok yang cocok digunakan untuk Anak-anaknya. Keduanya sistemnya tentu memiliki kelebihan maupun kekurangannya sendiri-sendiri.

Kelas berkelompok memiliki nuansa kebersamaan yang sangat kuat, kelompoknya juga tidak memiliki banyak anggota. Biasanya hanya terdiri dari kelompok kecil dengan beberapa anggota saja seperti 5-8 siswa.

Kelebihan belajar menggunakan bimbingan kelompok adalah siswa mampu membangun semangat kompetitif yang sehat untuk mengalahkan orang lain. Siswa akan memiliki semangat dan jiwa kompetitif tinggi.

Untuk kekurangannya, sistem ini hampir seperti di kelas. Seorang pengajar mungkin saja meninggalkan anak-anak dengan pemahaman terlambat. Sehingga tidak ada bedanya di kelas maupun tempat bimbingan.

Sedangkan untuk les privat di mana seorang pengajar hanya akan mengawasi satu murid saja. Untuk bimbingan dengan cara ini biasanya dilakukan di rumah, kantor, atau tempat yang sudah disepakati sebelumnya.

Kelebihan dari sistem bimbingan ini adalah anak akan lebih mudah paham karena mendapat perhatian khusus pengajarnya. Dengan begitu, nilai ujian di sekolah juga akan meningkat.

Namun, ada kekurangan pada sistem ini yakni seorang siswa menjadi terlalu terikat dengan pengajarnya. Ini bisa membuat seorang anak kehilangan interaksinya ketika sudah tidak bimbingan.

Tips Memilih Tempat Les Matematika untuk Anak

Les matematika sangat dibutuhkan oleh semua anak, baik yang tertinggal di kelasnya maupun tidak. Untuk itu, Anda sebagai orang tua perlu mengerti bagaimana cara memilih tempat lokasi les untuk anak.

1. Mencari Informasi

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mencari informasi tempat les terlebih dahulu. Anda bisa mulai mencarinya di internet atau dengan kantor offline dari penyedia layanan jasa tersebut.

2. Perhatikan Kualitas Guru

Salah satu kunci lancarnya proses bimbingan belajar mengajar adalah seorang guru pengajarnya. Anda perlu melihat jenjang pendidikan dari seorang guru apakah sudah meyakinkan dan sesuai kriteria atau belum.

3. Jadwal Tidak Bentrok dengan Anak

Bentrok di sini berarti tidak membuat Anak harus mengorbankan kegiatan bermanfaat lainnya. Cari tempat les yang memiliki waktu bimbingan fleksibel terutama setelah waktu kegiatan anak selesai.

4. Pertimbangkan Harganya

Setelah cocok dengan segala hal lainnya, ada baiknya untuk pertimbangkan juga biaya yang ditawarkan. Apakah layanannya sudah sesuai dengan apa yang akah didapatkan anak ketika mengikuti kelasnya.

Tidak peduli akan memilih kelas sistem private maupun kelompok, tapi yang jelas les membawa anak kepada kebaikan di luar sekolah. Anak-anak akan belajar dengan giat dan itu berdampak pada nilainya.

Nilai yang baik akan membawa anak ke masa depan cerah dan mendapatkan pekerjaan. Kelas bimbingan pelajaran matematika akan membawa anak-anak ke dunianya di masa depan.

 

Comments are closed.